Lebron James: Empat Kali Raih Penghargaan MVP NBA

LeBron James

Siapa tidak kenal LeBron James? Selama periode ini, pemain yang dijuluki sebagai “King James” ini telah membawa Miami Heat mendapatkan kemenangan beruntun selama 27 permainan. Hal ini menjadi kemenangan terpanjang kedua dalam sejarah liga.

Pada akhir musim ini LeBron Raymone James telah menyabet penghargaan sebagai Most Valuable Player (MVP) NBA untuk keempat kalinya. Sebelumnya, ia juga telah menerima penghargaan sebagai MVP pada tahun 2009, 2010 dan 2012. Pemain berusia 28 tahun ini merupakan pemain termuda yang telah memenangkan empat kali MVP berturut-turut. Pada musim-musim sebelumnya, James juga telah memenangi banyak penghargaan, diantaranya sembilan kali NBA All-Star (2005-2013), NBA champion (2012), dan NBA Finals MVP (2012).

Dalam perhitungannya, James mencapai 1.207 poin. Sebanyak 120 dari 121 pemilih menilainya pantas berada di posisi pertama. Hanya tinggal satu suara lagi, pemain yang mempunyai nomor punggung 6 di Miami Heat ini akan menjadi MVP bulat pertama dalam sejarah NBA. Satu-satunya pemain yang berhasil melakukan itu adalah Michael Jordan. Posisi lima besar dalam pemungutan suara adalah Oklahoma City Kevin Durant (765 poin), New York Knicks ‘Carmelo Anthony, (475 poin, pertama-tempat suara), Los Angeles Clippers’ Chris Paul (289 poin), dan Los Angeles Lakers ‘Kobe Bryant (184 poin).

Kini James menjadi pemain kedua dalam sejarah NBA yang telah mengirim setidaknya 2.000 poin, 600 rebound, 500 assist dan steal 100 selama dua kali dalam satu musim. James adalah satu-satunya pemain di NBA yang telah memimpin timnya dalam mencetak angka, rebound dan membantu setiap pertandingan pada musim ini. Dari sinilah tidak mengherankan jika James memang layak memenangkan penghargaan sebagai MVP NBA 2012-2013.

James mendapatkan kehormatan untuk tahun kedua berturut-turut dan keempat kalinya dalam lima musim. James mengatakan, ia merasa tersanjung dengan penghargaan tersebut. Satu-satunya pemain lain yang pernah memenangkan penghargaan dalam empat dari lima musim adalah Bill Russell (1961, 1962, 1963, 1965). Satu-satunya pemain lain yang juga memenangkan setidaknya empat musim reguler MVP adalah Kareem Abdul-Jabbar (enam kali), Michael Jordan (lima kali), Russell (lima kali) dan Wilt Chamberlain (empat kali).

James mampu berada di kategori tersebut karena kemampuannya dalam mengendalikan hampir setiap aspek dari permainan. Ia melakukan segala sesuatunya bagi Miami Heat. James selalu berusaha membawa bola sampai pada ring lawan, bekerja dalam pertahanan, dan mencetak banyak skor. Dalam permainan, James juga selalu membantu temannya terlepas dari posisi lawan.

James dan Michael Jordan merupakan perbandingan yang paling realistis berdasarkan posisi dan peran. Hal inilah yang membuat mereka berdua berada pada tingkat yang sama. James memiliki kesempatan luar biasa musim ini untuk menambah satu prestasi agar menjadi pemain bersejarah. “Selama LeBron tetap sehat dan tetap memainkan permainannya pada tingkat tinggi, tentu saja, ia bisa memecahkan rekor saya,” tutur Abdul-Jabbar, mantan pemain bola basket Amerika seperti yang dilansir dalam FOX Sports Florida.

“Aku berusaha lebih keras untuk memenangkan pemain defensif tahun ini daripada MVP. Itu tujuan saya. Dan kami akan mencoba lagi tahun depan,” kata James. Seperti yang diungkap dalam Fox Sport, “LeBron James adalah pemain yang terbaik di musim ini.” LeBron James bersumpah untuk menjadi pemain yang lebih baik musim depan. James tidak hanya memiliki tujuan menjadi MVP, namun ia juga ingin memenangkan kejuaran NBA.

Nikolaus Harbowo (joeblobo@yahoo.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s