Belajar Menjadi Komunikator Handal

Judul             : Kiat & Teknik Komunikasi Menuju Sukses
Pengarang         : Anton Pasaribu
Penerbit          : Krista Mitra Pustaka, Semarang
Cetakan           : I, Agustus 2005
Tebal             : ix + 64 halaman
ISBN              : 980-454-570-3

Apakah Anda sudah menjadi komunikator yang handal? Atau Anda masih mencari cara untuk menjadi komunikator yang handal? Jika Anda sedang belajar mengenai cara berkomunikasi dengan baik, Anda telah memilih buku yang tepat. Tidak dapat dimungkiri, buku ini juga baik digunakan bagi mereka yang sudah sangat fasih dalam hal berkomunikasi. Buku ini akan mengajak kita untuk melihat kendala-kendala yang sering muncul dalam berkomunikasi. Di sisi lain, buku ini juga mengingatkan kita akan peran penting dari komunikasi untuk mencapai sebuah kesuksesan di kehidupan ini.

Komunikasi adalah suatu hal yang esensial dan penting di dalam hidup ini. Kenyataannya masih banyak pribadi belum dapat berkomunikasi dengan baik. Hal ini membuat mereka sulit untuk mengejar adanya sebuah kesuksesan. Kesuksesan yang dimaksud oleh penulis buku adalah kebahagiaan dalam bersosialisasi dan akhirnya merucut pada kesuksesan di dalam dunia pekerjaan. Kesuksesan tersebut dapat diraih apabila kita sudah menjadi seorang komunikator yang handal. Jika awal kita sudah sulit untuk berkomunikasi, akibatnya kita tidak dapat menjadi pribadi yang komunikatif dan sulit pula untuk mengejar kesuksesan tersebut.

Menjadi komunikator yang handal bukanlah suatu hal yang mudah namun membutuhkan adanya sebuah proses dan pembelajaran. Melalui buku inilah, kita diajak untuk dapat menguasai dan mendalami seni berkomunikasi. Buku yang berisi kiat dan teknik komunikasi ini membantu kita dengan memberikan langkah-langkah efektif berkomunikasi yang baik. Di samping itu, penulis buku ingin mengajak pembacanya menjadi komunikator yang handal. Sehingga pembaca dapat mengolah kepribadian dan melatih kepemimpinannya. Semua itu disuguhkan secara teratur dan menarik di dalam buku ini.

Buku yang terdiri dari lima bab ini diawali dengan perkenalan seputar definisi komunikasi. Selanjutnya, penulis buku memaparkan kendala-kendala yang sering muncul dalam berkomunikasi dan cara mengatasinya. Di dalam buku ini juga dituliskan cara mengeksplorasi kesepakatan dan cara kita untuk memberikan sebuah reaksi atas pernyataan yang kita setujui, tidak setuju, atau bahkan memberikan usulan yang baru. Sehingga kita diajak untuk dapat berkomunikasi dengan logis, fokus, jelas, lugas, serta mengerti pandangan orang lain, tidak hanya dari satu sisi saja. Hindari adanya pelecehan dalam berkomunikasi dan jadilah pendengar yang baik. Inilah komunikasi yang positif.

Buku yang ditulis oleh seorang motivator bernama Anton Pasaribu ini memang banyak memberikan pelajaran. Di bukunya yang lain, Beliau juga pernah menulis mengenai kiat-kiat berkomunikasi dan menjadi sukses di dalam bidang kewirausahaan. Pada setiap bab selalu diikuti dengan kalimat-kalimat motivasi yang dibuatnya sendiri atau yang penulis buku ambil dari para ahli di bidang komunikasi. Hal ini bertujuan memotivasi pembaca untuk mengatasi kendala-kendala dalam berkomunikasi. Kelebihan penulis adalah dapat memberikan contoh berdasarkan kenyataan yang terjadi saat ini serta cara penyampaiannya pun jelas. Penulis buku menggunakan metode sebuah permainan untuk memperjelas penjelasannya. Tidak hanya sekedar permainan saja, namun penulis juga memberikan nilai-nilai yang dapat diambil dari permainan tersebut.

Kendati buku ini masih terdapat kesalahan dalam bahasa dan kata-kata, seperti kelebihan dan kekurangan huruf, namun maksud penulis tetap dapat tersampaikan dengan baik. Gaya penulisan pria kelahiran kota Medan ini pun lugas, jelas dan mengalir. Sehingga buku ini tidak hanya diperuntukkan bagi kalangan atas tapi juga pelajar. Buku ini mempunyai nilai tambah karena tidak hanya memberikan teori tentang kiat-kiat berkomunikasi yang baik, tapi kita diajak untuk berefleksi dengan pertanyaan panduan dari kasus yang penulis berikan. Dari sinilah kita dapat berefleksi, apakah kita sudah menjadi komunikator yang handal atau belum. Komunikasi menjadi penting karena tidak hanya menyangkut sosialisasi dengan sesama dan lingkungan mikro atau makro, namun juga komunikasi dengan Tuhan.

Eksistensi dan keberhasilan seseorang sangat ditentukan oleh kehandalan dan kemampuannya dalam membangun interaksi dan komunikasi antar sesamanya. Kemampuan komunikasi tidak hanya persoalan penguasaan teknik-teknik berkomunikasi tetapi juga mengenal beberapa karakter kepribadian para komunikator yang ada di lingkungannya untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dan sejahtera. Selamat belajar menjadi komunikator yang handal!

Nikolaus Harbowo (Universitas Multimedia Nusantara)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s